TNI Dukung Pemberantasan Narkoba

TNI Dukung Pemberantasan Narkoba

CIMAHI, (PR).- Jajaran Kodim 0609/Kabupaten Bandung sepakat perang terhadap narkoba. Antisipasi keterlibatan anggota dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba, 570 personel menjalani tes urine. Tes urine dilakukan di Gedung Siliwangi Makodim 0609/Kabupaten Bandung Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Selasa 7 Maret 2017. Kegiatan diawali dengan sosialisasi program pencegahan, pemberantasan, dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Dandim 0609/Kabupaten Bandung Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan menyatakan, berdasarkan perintah Panglima TNI dan Kepala Staf TNI AD, pihaknya sepakat tidak ada lagi personil TNI yang terlibat dalam narkoba. "TNI perang terhadap narkoba," ujarnya.

Hal itu dituangkan dalam nota kesepahaman P4GN antara Kodim 0609/Kabupaten Bandung dan BNN Kota Cimahi. Jajaran Kodim 0609/Kab. Bandung bakal menyebarkan sosialisasi P4GN sesuai wilayah teritorial yang meliputi Kota Cimahi-Kab. Bandung-Kab. Bandung Barat.

"Dalam tiap pertemuan dengan masyarakat dijelaskan dan sosialisasikan soal bahaya narkoba. Makanya, sebelum itu mereka dibekali materi dan pengetahuan soal narkoba," imbuhnya.

Sebelum mengajak masyarakat agar menjauhi narkoba, lanjut Andre, personel Kodim 0609/Kabupaten Bandung harus bersih dari narkoba. "Diadakan tes urine sebagai shock therapy kalau ada yang terlibat narkoba," katanya.

Kepala BNN Kota Cimahi Odang Masdar mengatakan, keterlibatan TNI ikut serta sosialisasi P4GN sangat tepat. "Anggota TNI dapat menjangkau hingga ke pelosok yang sulit kami lakukan karena keterbatasan personil," ujarnya.

Odang menegaskan, peredaran narkoba tidak mengenal wilayah pemerintahan dan batas daerah. "Bagaimana hal itu dapat ditekan dengan kehadiran TNI yang ikut memerangi narkoba," ucapnya.

Hal serupa diungkapkan Kasatnarkoba Polres Cimahi AKP Wahyu Agung. "Ini sebagai upaya jangan sampai instansi TNI ada yang terindikasi menyalahgunakan narkoba," katanya. Menurut Wahyu, tren penyalahgunaan narkoba saat ini meningkat pada jenis sabu karena mudah dikirim tanpa terdeteksi dan tercium baunya.

"Berbagai upaya pencegahan dilakukan untuk menekan peredaran gelap narkoba. Termasuk, sosialisasi ke sekolah, ke pemerintahan, masyarakat, dan kini jajaran TNI. Diharapkan dengan kesepahaman yang sama kita bisa sukses perangi narkoba," tuturnya.***


#StopNarkoba

Sumber